Manfaat Krokot Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Krokot Untuk Kesehatan Tubuh – Krokot merupakan tanaman liar yang mudah tumbuh dimana saja baik diladang, tepi jalan, sawah, kebun, bahkan dihalaman rumah. Krokot yang memiliki nama latin Portulaca Oleracea L konon merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Latin yang juga mudah ditemukan di Indonesia. 

Krokot memiliki ciri tanaman dengan daun yang lunak dengan batang kemerahan namun ada pula yang berwarna kehijauan dan berukuran cukup kecil. Krokot biasa kita ketahui sering dijadikan makanan kelinci, jangkrik, tetapi krokot ini jaman dulu juga dikonsumsi sebagai sayuran. Namun kini saya sendiri juga masih menjumpai krokot dibuat sebagai sayuran untuk pecel namun itu sangat jarang sekali.


kesehatan-alamku.blogspot.co.id
Manfaat Krokot Untuk Kesehatan Tubuh

Bagi sebagian petani krokot dianggap sebagai tanaman gulma yang mengganggu, maka dari itu krokot sering dicabut dan dibuang. Tapi tahukah anda bahwa krokot yang merupakan tanaman liar yang dianggap sebagai tanaman penganggu memiliki manfaat yang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia. 

Pada daun krokot sendiri memiliki kandungan vitamin A,B komplek dan C, omega 3, tanin, I-noradrenalin, dopa, asam linoleat, KSO4, KCI, nicotinic acid, saponin, dopamin, noradrenalin, serta KNO3. Dengan banyaknya kandungan mineral dan vitamin yang ada dalam krokot jadi tak heran jika krokot memiliki manfaat yang sangat besar untuk membantu mengatasi masalah kesehatan dalam tubuh manusia. 

Manfaat Krokot Untuk Kesehatan Tubuh


Seluruh anggota dari tanaman krokot dapat digunakan sebagai obat herbal  baik itu daun, batang, bunga, hingga akarnya baik dalam keadaan masih segar ataupun sudah kering. Dan berikut berbagai macam Manfaat Krokot Untuk Kesehatan Tubuh yang perlu kita ketahui, ikuti ulasannya hanya di kesehatan-alamku.blogspot.co.id

Mengatasi penyakit maag



mengatasi penyakit jantung dengan krokot
Manfaat Krokot Untuk Kesehatan Tubuh


Krokot tanaman liar ini dapat membantu mengatasi penyakit maag yang anda derita. Cara meraciknya juga mudah yakni dengan menyiapkan krokot yang masih segar kemudian diuapkan selama 5 menit lalu dihaluskan dan diperas dan air perasannya bisa diminum 3 kali dalam sehari.

Mencegah penyakit jantung


Kandungan omega 3 pada daun krokot yang terbilang cukup tinggi dapat membantu mencegah penyakit jantung koroner hingga sroke menyerang tubuh kita. Selain itu juga baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak autism untuk membantu perkembangan kecerdasan otak si anak. Cara mengkonsumsinya untuk mencegah penyakit jantung  yakni seluruh bagian tanaman krokot dibersihkan ditumbuk halus dan beri air kemudian diperas dan disaring lalu untuk lebih segar bisa ditambah dengan madu dan minum sehari 2 kali.

Menyehatkan mata


kesehatan-alamku.blogspot.co.id
Manfaat Krokot Untuk Kesehatan Tubuh

Batang dan daun krokot memiliki kandungan vitamin A yang tinggi daripada sayuran berdaun hijau lainnya. Vitamin A adalah antioksidan yang sangat baik dan alami yang penting dalam membantu menyehatkan penglihatan kita selain itu vitamin A juga dapat menjaga selaput lendir. Jadi dengan mengkonsumsi krokot yang juga bisa dijadikan sayuran ini dapat membantu membuat mata tetap sehat. selain itu mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin A di dalamnya juga mampu membantu melindungi tubuh dari penyakit kanker rongga mulut dan juga paru-paru.

Mengatasi radang usus


Memiliki masalah pada usus atau radang usus bisa diatasi dengan obat herba dari krokot ini. Cara membuat ramuannya cukup mudah yakni dengan mengambil semua bagian krokot batang, akar dan daun lalu ditumbuk hingga halus dan diperas jangan lupa disaring untuk mendapatkan air perasan yang bersih. Nah, air perasan tersebut tambah dengan air matang dan minumlah 3 kali dalam sehari.


kesehatan-alamku.blogspot.co.id
Manfaat Krokot Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Krokot Untuk Kesehatan Tubuh lainnya yakni dapat mengobati disentri, diare akut, mengobati cacingan, sesak nafas, dan juga mengatasi badan yang nyeri atau pegal-pegal. Sebenarnya dalam mengkonsumsi ramuan ini hampir sama yakni dengan menghaluskan dan memeras airnya kemudian air perasannya diminum, bisa juga dikonsumsi sebagai sayuran setiap hari.

Itulah Manfaat Krokot Untuk Kesehatan Tubuh yang sangat ajaib, dibilang ajaib karena suatu tanaman yang dianggap liar pengganggu dapat mengatasi beragam penyakit dan memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh kita. Bagaimana, ingin mencoba memasak sayur krokot untuk menu makan anda sekeluarga? Baca juga artikel ini Manfaat Daun Kelor  Untuk Kesehatan dan jangan lupa berlangganan kami di Google + untuk mendapatkan berita dan informasi terbaru dari kami. Semoga bermanfaat!!!

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing