Manfaat Kenikir Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kenikir Untuk Kesehatan Tubuh – Kenikir merupakan salah satu sayuran yang sangat bermasyarakat dan menjadi sayuran untuk hidangan sehari-hari. Kenikir akan lebih mudah tumbuh subur ketika musim penghujan dan menjadi sayuran yang segar. Sayuran ini mungkin dianggap sebagai sayuran biasa dan sederhana, tapi taukah bahwa kenikir memiliki manfaat yang ajaib dapat mengatasi penyakit ringan hingga penyakit yang mematikan seperti kanker dan gangguan kesehatan lainnya.


daun kenikir
Manfaat Kenikir Untuk Kesehatan Tubuh

Kenikir memiliki kandungan zat yang sangat baik untuk membantu mengatasi masalah kesehatan seperti polifenol, koniferil alkohol, kalsium, tokofenol, flavonoid, kuersetin, mineral, magnesium, saponin, hidroksieugenol, serta terpenoid. Nah, dengan kandungan zat tersebut maka tak heran jika kenikir mempunyai manfaat yang baik dalam membantu mengatasi gangguan kesehatan paa tubuh manusia. Seperti apa manfaatnya bisa diikuti ulasannya hanya di kesehatan-alamku.blogspot.co.id

Manfaat Kenikir Untuk Kesehatan Tubuh


Obat lemah jantung


Kenikir mempunyai kandungan flavonoid dan antioksidan yang dapat berguna memperbaiki sel tubuh yang rusak.  Di daerah organ jantung senyawa flavonoid dapat berperan memperlancar aliran darah caranya yakni dengan memperkuat otot pembuluh darah dan otot jantung untuk mengalirkan darah. Untuk mengatasi lemah jantung dengan daun kenikir bisa dilakukan dengan merebus daun kenikir dan minum air rebusannya setiap 2x setiap satu hari dengan teratur.

Obat kanker


Kanker penyakit yang menakutkan ini juga dapat diatasi dengan bantuan mengkonsumsi sayuran kenikir. Kandungan senyawa flavonoid, saponin, antioksidan, serta terpenoid dalam kenikir dapat melawan penyakit kanker dalam tubuh seperti kanker lambung serta kanker hati. Konsumsilah air rebusan daun kenikir dengan teratur dan jangan lupa juga untuk tetap mengkonsumsi air putih dengan baik karena air putih dapat melarutkan zat sehingga akan mudah dibawa darah.

Obat cuci darah


Kandungan vitamin E, falvonoid, serta antioksidan dalam kenikir mampu membantu menetralkan racun yang dibawa oleh darah. mengkonsumsi kenikir dengan teratur dapat membantu membersihkan racun yang masuk ke dalam darah. 


bau mulut
Manfaat Kenikir Untuk Kesehatan Tubuh



Mengatasi bau mulut



Manfaat Kenikir Untuk Kesehatan Tubuh selanjutnya yakni untuk mengatasi bau mulut, dimana bau mulut dapat membuat seseorang menjadi tidak percaya diri bahkan mereka melakukan berbagai cara untuk mengatasinya. Untuk itu salah satu cara alami untuk mengatasi bau mulut bisa dengan menggunakan daun kenikir karena di dalamnya terdapat kandungan koniferil alkohol. 

Senyawa tersebut dapat berperan membunuh kuman dan bakteri yang terbawa oleh makanan dan dapat memberihkan air ludah serta area lidah dari bakteri yang menjadi penyebab bau mulut. Nah, untuk memaksimalkan dalam mengatasi bau mulut bisa mengkonsumsi daun kenikir mentah dikunyah sekitar 30 detik atau bisa mengkonsumsi daun kenikir yang telah direbus dengan campuran garam dalm 2 x setiap harinya.

Menguatkan tulang


Kenikir memiliki kandungan kalsium, mineral dan magnesium yang bisa membantu menguatkan tulang dan pertumbuhan tulang pada tubuh. Mengkonsumsi daun kenikir untuk menguatkan tulang bisa dikonsumsi langsung sebagai sayuran yang dimasak, lalapan, atau bisa dengan meminum air rebusannya yang dicampur madu.

Obat lemah lambung serta obat maag


Kandungan polifenol, tokofenol, serta hidroksieugenol  dalam kenikir dapat berguna untuk menetralkan asam lambung. Selain itu juga dapat membantu membuat otot sphinter lambung menjadi lebih kuat, dimana otot tersebut berperan sebagai penerima untuk beragam asupan makanan yang masuk dan tidak membahayakan lambung. Untuk mengatasi maag dan lambung lemah bisa dikonsumsi dengan merebus kenikir yang dicampur sedikit garam dan dikonsumsi sebagai lalapan.



kenikir
Manfaat Kenikir Untuk Kesehatan Tubuh

Obat gondongan


Menderita gondongan bisa diatasi dengan memanfaatkan ramuan tradisional yang terbuat dari daun kenikir.  Kandungan senyawa tokofenol dan polifenol pada kenikir juga dapat berguna menyembuhkan peradangan yang diakibatkan oleh gondongan. Caranya daun kenikir ditumbuk sampai halus, campurkan cuka dan oleskan pada bagian yang sakit. Bisa digunakan 3 kali untuk setiap harinya dan membuat ramuannya dengan perbandingan 1:1.  

Meningkatkan sistem imun


Kandungan vitamin E, dan A dapat berfungsi memperbaiki sistem imun dan juga senyawa proteinnya dapat membantu membentuk fagosit untuk sistem imun. Selain itu vitamin C dalam kenikir juga dapat meningkatkan metabolisme pada tubuh. Nah, anda bisa mengkonsumsinya sebagai sayuran atau lalapan untuk setiap hari.

Menambah nafsu makan


menambah nafsu makan
Manfaat Kenikir Untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan senyawa kuersetin dalam kenikir bisa menjadi obat alami untuk menambah nafsu makan terutama pada anak-anak dan juga bisa dijadikan obat untuk mengembalikan energi tubuh. Cara mengkonsumsinya bisa dimakan sebagai lalapan yang segar.

Nah itulah tadi beberapa Manfaat Kenikir Untuk Kesehatan Tubuh yang mungkin masih banyak yang belum mengetahuinya. Nah, jadi selain lezat kenikir juga sangat bermanfaat untuk mengatasi gangguan kesehatan pada tubuh. Untuk mendapatkan artikel terbaru jangan lupa berlangganan kami di facebook dan baca pula artikel ini Manfaat Kembang Turi Untuk Kesehatan.

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing