Manfaat Buah Jamblang atau Juwet Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Jamblang atau Juwet Untuk Kesehatan – Buah jamblang atau sering disebut dengan buah duwet, juwet adalah salah satu tanaman langka yang kini sudah sudah untuk dijumpai keberadaannya. Tanaman ini di Indonesia memang bisa tumbuh dengan subur karena buah jamblang mudah tumbuh di daerah tropis. Buah jamblang atau juwet ini memiliki bentuk yang mirip dengan buah anggur yakni berbentuk bulat lonjong kecil berwarna hitam keunguan. Buah ini memiliki daging putih sedikit kemerahan dan rasa yang asam manis dan sedikit sepat atau sepet. 

juwet
Manfaat Buah Jamblang atau Juwet Untuk Kesehatan

Kini keberadaan buah jamblang atau duwet atau juwet ini susah untuk ditemui walaupun itu dipasar buah terkadang ada di pasar tradisional di daerah pedesaan. Kelangkaan buah ini dikarenakan banyak pohonnya ditebang untuk keperluan tertentu. Mungkin mereka yang memiliki tanaman buah ini tidak belum mengetahui akan manfaatnya jadi rela untuk ditebang. Tahukah bahwa hampir seluruh bagian pada tanaman jamblang atau duwet atau juwet ini memiliki manfaat danmemiliki kandungan flavonoida, saponin, serta tanin.

Manfaat Buah Jamblang atau Juwet Untuk Kesehatan


Ada beberapa Manfaat Buah Jamblang atau Juwet Untuk Kesehatan tubuh yang selengkapnya akan diulas hanya di kesehatan-alamku.blogspot.co.id agar kita semua tau betapa khasiatnya buah ini untuk kesehatan tubuh kita. Dengan mengetahui aneka manfaat yang tersimpan di dalamnya dan menerapkan dalam kehidupan kita sehari-hari sebagai obat herbal alami kemungkinan tubuh menjadi sehat dengan sangat alami. Tubuh yang sehat dengan alami tentu akan jauh lebih sehat daripada sering melakukan terapi menggunakan obat yang banyak mengandung zat-zat kimia.


juwet
Manfaat Buah Jamblang atau Juwet Untuk Kesehatan

Sumber energi


Juwet yang memiliki rasa asam manis dan sedikit sepat atau sepet ini memiliki kandungan karbohidrat, lemak, serta protein di dalamnya. Jadi protein dan karbohidrat tersebut dapat menjadisumber energi pada tubuh hal tersebut dikarenakan juwet membantu mengurai pati ke zat gula. Jika anda sedang memerlukan energi anda bisa mengkonsumsi juwet agar  tubuh anda lebih segar dan berenergi.

Mengatasi masalah pada pencernaan


Memiliki masalah pada pencernaan seperti gejala lambung, sakit perut dapat mengkonsumsi buah juwet untuk mengatasinya. Hal tersebut dikarenakan juwet memiliki kandungan senyawa kimia di dalamnya. Anda bisa juga dengan membuat jus juwet yang telah dibuang bijinya, atau bisa juga dikonsumsi langsung dan ini juga ampuh dalam mengatasi kembung pada perut.

Menjaga kesehatan tulang dan gigi


kesehatan tulang dan gigi
Manfaat Buah Jamblang atau Juwet Untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi seperti kalsium, pospor, magnesium, zat besi dapat membantu menyehatkan tulang dan gigi dengan alami. Nutrisi tersebut merupakan nutrisi yang mempu menjaga kepadatan tulang serta dapat menjaga agar gigi tidak berlubang. Telah diketahui bahwa seseorang yang kekurangan asupan kalsium maka tulang akan mengalami masalah dan mudah terkena penyakit tulang seperti osteoporosis, serta radang sendi. Untuk itu mengkonsumsi juwet sangat disarankan terlebih lagi pada wanita agar terhindar dari tulang rapuh.

Mengatasi diabetes


Diabetes menjadi salah satu penyakit yang menakutkan dan mematikan. Diabetes disebabkan karena tidak bekerjanya organ tubuh yang memproduksi hormon insulin sehingga kadar gula yang ada dalam darah tidak dapat diatur dengan baik oleh tubuh. Juwet di India telah menjadi obat diabetes yang mujarab dan kini Inggris pun percaya bahwa juwet juga dapat mengatasi penyakit diabetes. 

Menjaga kesehatan jantung


jantung sehat
Manfaat Buah Jamblang atau Juwet Untuk Kesehatan

Jantung telah diketahui merupakan salah satu organ terpenting  dalam tubuh kita jadi mengkonsumsi buah ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung menjadi lebih baik. Kandungan sodium serta kalium dalam buah juwet dapat berfungsi mengendalikan otot jantung, mencegah resiko penyakit jantung, serta dapat mengatur detak jantung dalam tubuh. Nah, jika kita teratur mengkonsumsi buah ini berarti kebutuhan sodium dan kalium akan terpenuhi dengan baik. Untuk bisa mendapatkan manfaat penuh dari buah ini maka bisa membuat jus juwet atau memakannya langsyng bersama kulitnya.

Penangkal radikal bebas


Radikal bebas bisa masuk dalam tubuh kita melalui berbagai hal seperti sayuran berpestisida, makanan berpengawet, zat polutan, serta makanan yang berperasa buatan, dll. Adanya serangan radikal bebas dapat mengakibatkan penyakit pada tubuh kita seperti  jantung, tumor, serta kanker. Nah, juwet atau jamblang atau dduwet memiliki kandungan flavonoid di dalamnya sehingga sangat ampuh dalam mengatasi atau menangkal radikal bebas. Selain itu juga menjadi perlindungan enzim yang memiliki kandungan antioksidan. Makan buah ini dapat menjadi salah satu cara mencegah agar terhindar dari penyakit kanker.

Mengatasi sakit perut


Buah duwet juga terdapat kandungan senyawa asam elagik, kaemferol, antosianin sangat berperan dalam membantu dalam proses sirkulasi pencernaan, menurunkan tekanan darah tinggi, dan membantu fungsi usus. Perut anda sedang bermasalah atau sakit bisa mengkonsumsinya dikala masih segar tapi sebelumnya harus dicuci dengan bersih agar terhindar dari kumat atau bakteri.


gangguan lambung
Manfaat Buah Jamblang atau Juwet Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Jamblang atau Juwet Untuk Kesehatan lainnya yakni dapat mengatasi sembelit, pembentukan sel darah merah, menyehatkan mata, untuk mencukupi kebutuhan vitamin B, mengobati gangguan limpa, mengatasi batuk, sakit kepala, menambah nafsu makan, serta mengatasi gangguan pada lambung. Nah, selain buahnya yang berkhasiat bagian lain seperti daun, akar, batang juga memiliki manfaat untuk mengatasi beragam penyakit. Cara membuat ramuannya juga hampir sama dengan merebus daun atau batang atau akar dan kemudian diminum airnya.

Manfaat Buah Jamblang atau Juwet Untuk Kesehatan tubuh diatas memang membuat kita untuk mau kembali ke alam dan memanfaatkan apa saja yang ada di alam sekitar kita. Memang Tuhan menciptakan semua yang ada di dunia ini salah satunya tumbuhan yang ada di alam memiliki manfaat tersendiri namun banyak yang belum mengetahui akan hal itu. Baca pula artikel ini Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh Manusia dan jangan lupa berlangganan kami di facebook untuk mendapatkan artikel terbaru dan bermanfaat.

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing